Tidur Siang yang Berkualitas

Le Eminence – Padatnya aktivitas, seringkali melenakan kita dalam memenuhi hak tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Walau hanya sejenak istirahatnya, yakni 30 menit saja sudah membuat fisik dan pikiran kembali fit.

Bagaimana istirahat yang baik?

Alex Dimitriu, seorang psikiater (psychiatry) di Medicine California Amerika Serikat menyebutkan tidur siang sebaiknya sekitar 20-30 menit. Tidur siang selama 30 menit dapat membuat suasana hati dan meningkatkan daya ingat.

Namun kita harus berhati-hati, jika tidur kurang dari 20 menit, justru dapat menimbulkan kelelahan, mudah marah, tidak bersemangat, dan tentunya membuat kantuk lagi. Sebaliknya tidur lebih dari 30 menit akan menimbulkan pusing.

Waktu tidur siang yang baik untuk istirahat dilakukan diantaranya sekitar pukul 11.00 AM – 14.30 PM. Sebelum waktu itu dan sesudahnya, sangat tidak dianjurkan. Mengapa?

Karena tidur sebelum jam 11.00 AM akan menimbulkan gangguan metabolisme tubuh. Tubuh kita seharus untuk dimanfaatkan untuk beraktivitas yang berat. Jika kita tidur pagi akan memperbesar resiko obesitas dan diabetes. Kita pun akan kehilangan gairah (lesu) untuk menjalani aktivitas seharian.

Sedangkan setelah jam 14.30 PM, tidak dianjurkan karena mendekati waktu ashar (petang). Dikhawatirkan ketika menjelang maghrib dan sinar matahari tidak terlihat kita mengalami kebingungan, mengira sudah subuh. hehe…

Semoga bermanfaat.

West Borneo, 08/01/2021 – SPW

Leave a Comment