Konsistensi Mengasah Kemampuan dan Meningkatkan Produktivitas

Le Eminence – Ternyata tidak mudah memiliki sikap konsistensi. Tiap hari mengerjakan tugas dengan berulang-ulang. Kadang ada kalanya fisik ini lelah dengan pekerjaan seharian, namun insya Allah bisa diatasi dengan beristirahat sejenak, namun apabila mental yang mengalami kelelahan, maka menjadi sumber masalah kegagalan.

Dalam mengerjakan sebuah usaha apa pun tentunya memerlukan konsistensi. Tanpa konsistensi, niat maupun usaha yang dilakukan mustahil cita-cita atau keinginan tercapai. Begitu pun dalam hal kegiatan menulis. Berbagai rintangan pun kerap datang, baik berasal dari faktor luar maupun dalam diri. Tentunya hal ini memerlukan waktu untuk menyikapinya.

Membagi waktu antara kegiatan menulis dengan tugas lain memang tidak mudah. Selain masalah waktu, hal lain yang kerap menghadang adalah konsentrasi. Banyaknya aktivitas bisa menjadi faktor penghambatnya. Mengutamakan prioritas dan keterdesakan kadang kala merusak konsistensi.

Konsistensi bukan melihat seberapa besar atau kecil tugas yang menjadi tanggungjawab, melainkan berapa lama pekerjaan itu bisa dikerjakan terus-menerus dengan hasil yang memuaskan.

Jika sekedar menghasilkan mungkin kita bisa, namun berbeda nantinya dengan mutu hasil yang diperoleh.

Manfaat sikap konsistensi:

1. Konsistensi Mengasah Kemampuan

Ketika kita melakukan sesuatu terus-menerus, maka kita sebenarnya sedang mengasah kemampuan. Seperti contohnya pada saya yang saat ini memilih untuk menghasilkan karya tulis berupa artikel secara harian di blog personal Le Eminence.

Jika saya sehari saja melewatkan hari tanpa menulis di Le Eminence, maka indikator keberhasilan perubahan perilaku dan pengasahan saya terhadap keahlian menulis masih di bawah rata-rata. Saat ini saya menyadari bahwa beberapa artikel yang terposting memang mengejar kuantiti, belum berfokus pada kualitas isi tulisan. Namun dengan adanya saya memposting satu artikel per hari secara terus-menerus, maka saya sebenarnya sedang berupaya melatih kemampuan menulis.

2. Konsistensi Meningkatkan Produktivitas

Prinsip produktivitas adalah output dbagi dengan input atau perpaduan efisiensi ditambah dengan efektifitas.

Alhamdulillaah, hari ini saya bisa memposting satu tulisan di Le Eminence. Hari sebelumnya saya juga memposting satu tulisan. Sejak tanggal 1 Januari 2021 saya pasti memposting satu artikel tulisan. Berarti total tulisan saya selama lima hari berjumah lima tulisan.

Sebelumnya saya membutuhkan waktu berhari-harian dan bahkan bisa berbulan-bulanan untuk memunculkan ide menjadi tulisan. Alhamdulillaah, saat ini saya hanya membutuhkan waktu dua jam untuk menghasilkan satu artikel di Le Eminence. Bagi saya ini adalah prestasi awal yang perlu saya banggakan karena mampu melewati lima hari berturut-turut menghasilkan karya berupa postingan tulisan.

Laa hawla wa laa quwwata illa billah yang artinya tiada daya dan upaya, kecuali atas kehendak-Mu, Ya Allah.

Semoga besok, saya bisa konsisten dalam menuliskan ide atau gagasan di Le Eminence.

Semoga bermanfaat.

West Borneo, 05/01/2021 – SPW

Leave a Comment