September 21, 2021

Psychology & Technology

Improvement & People Development

Berkompetisi Dalam Kebaikan, Bukan Harta dan Jabatan

Le Eminence – Kehadiran media sosial, orang-orang di zaman sekarang cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain. Seakan hidup ini adalah kompetisi dengan pencapaian orang saja.

Wah, dia baru berumur 25 tahun sudah memiliki bisnis, sedangkan saya masih gini-gini saja.

Wah, diumur 35 tahun dia sudah menjadi Direktur perusahaan top dunia.

Wah, diumur 22 tahun dia sudah menikah, sedangkan saya masih menjomblo.

Wah, dia sudah bisa beli mobil dan rumah sebelum usia 30 tahun.

Wah, dia sudah bisa berhaji dan menghajikan orangtua serta keluarganya, sedangkan saya belum.

Ketika kita mempunyai sepeda, ada orang memiliki motor. Ketika kita punya motor, ada orang sudah punya mobil. Ketika kita punya mobil, orang sudah punya mobil mewah dan mungkin helikopter.

Jika kita membandingkan diri dengan orang lain, pastilah tidak akan habis-habisnya. Hari demi hari kita menjalani hidup pasti tidak tenang. Kita selalu melihat keadaan mereka yang serba lebih dari segi harta dan jabatan. Jika kita mau bersyukur dengan keadaan kita sekarang dan kita memang sudah berusaha optimal dalam mengubah nasib, maka sepatutnya sikap sabar mesti dimiliki.

Saran saya, kita berlomba-lomba dalam beramal kebaikan saja. Dia sudah bisa sholat jamaah di masjid, saya pun harus bisa. Dia selalu shalat di awal waktu, saya pun harus bisa. Dia rutin berpuasa sunah senin-kamis, saya pun harus bisa. Dia rutin membaca Qur’an satu hari satu juz, saya pun harus bisa. Dia sudah mampu menghafal 5 juz, saya pun harus bisa. Masih banyak lagi amal kebaikan yang bisa kita lombakan.

Apapun kondisi kita sekarang, saya cukup yakin banyak orang yang ingin bertukar posisi. Bahkan ketika kita tidak memiliki apapun, ada orang di luar sana yang fisiknya mungkin tidak lengkap mau bertukar posisi dengan kita. Maka hendaknya bersyukur.

Sadarilah bahwa setiap orang memiliki waktunya sendiri. Tugas kita hanya berlomba-lomba dalam kebaikan, bukan harta dan jabatan.

Apakah hari ini kita sudah lebih baik dari hari kemarin?

West Borneo, 04/01/2021 – SPW